WireGuard – Protokol VPN Generasi Baru

“WireGuard”, mungkin nama ini  sedikit asing didengar oleh beberapa ataupun kalian sendiri bukan. Ya, karena nama ini belum begitu tersebar ke dunia luas karena penggunaannya yang masih sedikit.

Jadi, Apa Itu WireGuard?

wireguard
Logo WireGuard

WireGuard adalah protokol VPN eksperimental baru yang bertujuan untuk menawarkan solusi yang lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih aman untuk tunneling VPN daripada protokol VPN yang ada. WireGuard memiliki beberapa perbedaan besar jika dibandingkan dengan OpenVPN dan IPSec, seperti ukuran kode (di bawah 4.000 baris!), Kecepatan, dan standar enkripsi.

Developer dari WireGuard adalah Jason Donenfeld, pendiri Edge Security. (Istilah “WireGuard” juga merupakan merek dagang terdaftar dari Donenfeld.) Donenfeld mengatakan ide untuk WireGuard datang ketika ia tinggal di luar negeri dan membutuhkan VPN untuk Netflix.

Tujuan umum dirancangnya WireGuard adalah sebagai VPN yang berjalan pada antarmuka tertanam dan super computer, cocok untuk berbagai keadaan. Awalnya hanya dirilis untuk kernel Linux, sekarang sudah tersedia pada platform (Windows, macOS, BSD, iOS, Android) dan lainnya. meski saat ini WireGuard masih sedang dalam pengembangan, tetapi sudah dianggap sebagai solusi VPN yang paling aman, termudah untuk digunakan, dan paling sederhana di industri.

Apa Kelebihan WireGuard ?

1. Metode Enkripsi Data Terupdate

Seperti dijelaskan dalam berbagai wawancara, Jason Donenfeld ingin memutakhirkan apa yang dianggapnya sebagai protokol “ketinggalan zaman” pada OpenVPN dan IPSec. Berikut adalah protokol dan primitif yang digunakan pada WireGuard, seperti yang dijelaskan di situs web mereka:

2. Protokol Tanpa Koneksi (Connection-less Protocol)

Protokol aman apa pun memerlukan beberapa keadaan untuk dijaga, sehingga ada jabat tangan awal yang sangat sederhana yang menetapkan kunci simetris yang akan digunakan untuk transfer data. Jabat tangan ini terjadi setiap beberapa menit, untuk memberikan kunci berputar untuk kerahasiaan ke depan yang sempurna. Ini dilakukan berdasarkan waktu, dan tidak berdasarkan pada isi dari paket-paket sebelumnya, karena dirancang untuk menangani paket yang hilang dengan anggun. Ada mekanisme denyut nadi yang pintar untuk memastikan bahwa kunci dan jabat tangan terbaru mutakhir, negosiasi ulang saat dibutuhkan, dengan secara otomatis mendeteksi kapan jabat tangan kedaluwarsa. Ia menggunakan antrian paket terpisah per host, sehingga dapat meminimalkan kehilangan paket selama jabat tangan sambil memberikan kinerja yang stabil untuk semua klien.

Dengan kata lain, Anda membawa perangkat ke atas, dan segala sesuatu lainnya ditangani untuk Anda secara otomatis. Anda tidak perlu khawatir untuk memintanya menyambung kembali atau memutus atau menginisialisasi ulang, atau hal semacam itu.

3. Code Base yang Simple dan Minimalis

Salah satu kelebihan code base yang minimal dan simple adalah kode-kodenya akan lebih mudah untuk di audit oleh para pengembanganya, tujuan audit disini adalah menemukan kelemahan dan bug yang ada pada WireGuard. Dengan kata lain, mereka akan lebih mudah untuk memperbaiki kelemahan dan bug yang ada pada protokol ini. Yang mana akan berdampak pada kesiapan protokol ini untuk digunakan di masa mendatang.

4. Peningkatan Performa

Kendala selama ini yang memang kerap dirasakan pengguna vpn adalah masalah kecepatan koneksi. Ya, seperti yang sering kita rasakan, ketika menggunakan VPN kita kadang akan merasa mengalami perlambatan yang lumayan signifikan. Namun WireGuard ini sendiri memang dirancang untuk peningkatan performa yang signifikan bagi para penggunanya. Jadi kita akan merasakan perubahan efek performa yang besar ketika menggunakan protokol VPN ini.

Selain itu, Wireguard ini sendiri akan sangat menguntukan bagi pengguna mobile yang sering melakukan pergantian jaringan, misalnya dari data seluler ke Wifi. Hal ini karena koneksi VPN tidak akan terputus selama klien VPN terus mengirim data yang diautentikasi ke server VPN.

Apa Kelemahan WireGuard Saat ini ?

Meski memiliki beberapa kelebihan yang cukup menarik, tetapi untuk saat ini WireGuard belum sepenuhnya siap untuk digunakan. Ya, karena proyek WireGuard ini masih dalam tahap pengembangan besar-besaran oleh pihak developernya saat ini, jadi mungkin masih banyak bug didalammnya. Selain itu, protokol ini juga belum melalui tahan uji coba dan audit, sehingga tidak cocok digunakan oleh pengguna awam (untuk saat ini).

 

Berikut Adalah Beberapa Penyedia VPN yang Telah Support dengan Protokol WireGuard

  1. Tor guard
  2. VPN.ac
  3. IVPN
  4. AzireVPN
  5. Mullvad
  6. NordVPN (uji coba)
  7. Private Internet Access (uji coba)

Sekian artikel dari saya tentang WireGuard beserta kelebihan dan kekurangannya, kurang lebihnya mohon maaf.

sumber: wireguard; restoreprivacy

 

 

One thought on “WireGuard – Protokol VPN Generasi Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *