Cara Konversi Bilangan Biner ke Desimal dan Sebaliknya

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengubah atau mengonversi bentuk bilangan biner ke  bilangan desimal dan juga sebaliknya, yaitu bentuk bilangan desimal ke bilangan biner. Sebelum kita lanjut ke cara mengonversinya, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu bilangan biner dan bilangan desimal.

Apa itu Bilangan Biner?

sistem bilangan berbasis dua(2) atau yang lebih kita kenal dengan bilangan biner adalah suatu sistem bilangan yang hanya menggunakan 2 simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner ini merupakan sistem dasar dari semua bilangan dengan basis digital.

Apa itu Bilangan Desimal?

Bilangan desimal atau sistem bilangan berbasis sepuluh(10) adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dalam penulisannya (mulai dari angka 0 hingga 9).

Cara Mengonversi Bilangan Desimal ke Biner

Untuk mengonversi bilangan biner ke desimal, kita dapat melakukannya  dengan cara membagi bilangan tersebut dengan angka 2 hingga hasilnya 0 dan menggunakan hasil bagi dari setiap pembagian tersebut sebagai angka untuk membentuk bilangan desimal.

Contoh soal : ubahlah bilangan desimal dengan nilai 72 ke bentuk biner.

Cara mengubah ke bentuk biner:

  • 72 dibagi 2  = 36 (sisa pembagian = 0)
  • 36 dibagi 2  = 18 (sisa pembagian = 0)
  • 18 dibagi 2  =   9 (sisa pembagian = 0)
  •   9 dibagi 2  =   4 (sisa pembagian = 1)
  •   4 dibagi 2  =   2 (sisa pembagian = 0)
  •   2 dibagi 2  =   1 (sisa pembagian = 0)
  •   1 dibagi 2  =   0 (sisa pembagian = 1)

Setelah melakukan proses pembagian tersebut, selanjutnya kita tinggal menuliskan sisa pembagiannya sehingga membentuk bilangan biner. Penulisan tersebut dimulai dari  sisa pembagian terahkir – awal, sehingga jika ditulis akan menghasilkan bentuk 1001000 yang merupakan bentuk bilangan biner dari nilai 72(desimal).

Cara Mengonversi Bilangan Biner ke Desimal

Sementara untuk mengonversi bilangan biner ke desimal, yang perlu kita lakukan adalah dengan melakukan kebalikan dari cara sebelumnya. Yaitu dengan mengakilan nilai dari digit pertama (digit pertama = 1) dengan angka 2 sebanyak digit biner (dimulai dari digit ke-2) . Jika pada digit tersebut bernilai 1, maka setelah proses perkalian, nilai hasil kali ditambah 1(+1) sebelum lanjut ke perkalian selanjutnya.

Contoh soal : ubahlah bilangan biner dengan nilai 1001000 ke bentuk desimal.

Cara mengubah ke bentuk desimal:

biner ke desimal

 

 

Jadi, 1001000(binary) jika dikonversi ke desimal nilainya = 72.

Sekian artikel dari saya tentang cara mengonversi bilangan biner ke desimal dan juga sebaliknya, jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan share ke orang-orang sekitar anda. Jika ada kesalahan maupun ada beberapa isi dari artikel ini yang membuat kalian kebingungan, jangan sungkan untuk berkomentar. Terima kasih.

 

One thought on “Cara Konversi Bilangan Biner ke Desimal dan Sebaliknya

  • February 10, 2020 at 6:32 pm
    Permalink

    Sistem bilangan biner ini merupakan sistem dasar dari semua bilangan dengan basis digital.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *