Beginilah Cara Mengecek HP Asli Atau Palsu

Di zaman serba modern seperti sekarang, teknologi seperti smartphone android semakin marak di pasaran. Namun, tak jarang momen ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat HP palsu atau replika(KW).

Saat ini banyak pengguna merasa dirugikan karena membeli barang yang dikira asli, tapi ternyata palsu. Oleh karena itu , untuk membantu anda para calon pembeli posel android baru, berikut tips cara membedakan ponsel android asli dan palsu.

 

  • Mengecek Nomor IMEI

 

Setiap ponsel dipastikan memiliki nomor IMEI-nya masing-masing. Saat anda membeli sebuah ponsel, pastikan mengecek nomor IMEI terlebih dahulu dengan menekan tombol *#06#.  Jika nomor IMEI sudah muncul, maka cocokkan dengan nomor yang tertera di kotak penjualan.

 

  • Mengcek Langsung Bentuk Fisik

 

Bentuk fisik ponsel android asli dan palsu memang sangat terrlihat mirip. Tetai tetap saja memiliki perbedaan anatar ponsel asli atau palsu. Nah, agar anda tidak terkecoh, maka disarankan untuk mengecek informasi singkat tentang ponsel yang akan dibeli sebelum anda membeli ponsel tersebut.

cek hp asli atau palsu

Dari sanalah kurang lebih anda dapat mengetahui bentuk fisik dan material yang digunakan. Jadi saat akan membeli ponsel, anda patut curiga ketika ada bagian fisik ponsel tersebut yang terlihat berbeda.

Cara Mengecek HP Asli atau Palsu (KW)

  • Gunakan Aplikasi

 

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi pasti tentang ponsel tersebut, salah satunya yaitu AnTuTu Benchmark atau CPU-Z. Fungsi dari AnTuTu ialah untuk menguji benchmark ponsel. Dalam hasil pengujiannya, akan disertakan data dan juga performa ponsel. Setelah itu anda dapat membandingkan ulasan tersebut dengan internet.

Sementara aplikasi CPU-Z, digunakan untuk mengetahui informasi dan spesifikasi dari ponsel tersebut. Anda juga dapat membandingkan hasilnya dengan informasi dari laman resmi vendor atau situs internet.

 

  • Menguji Kamera

 

Indikator lainnya yang dapat menguji keaslian sebuah Hp adalah kamera. Anda harus memiliki informasi tentang kemampuan atau spesifikasi kameranya. Nah, dari sanalah anda anda bisa membandingkan gambar hasil tangkapan dengan spesifikasi kamera yang diusung. Apabila terdapat perbedaan kualitas kamera dengan spesifikasi, dapat disimpulkan bahwa HP tersebut adalah palsu.

 

  • Jangan Tergiur Harga Murah

 

Sebaiknya anda jangan tergiur dengan HP kualitas kelas, namun dengan harga yang murah. Memastikan harga di pasaran dengan penawaran yang diberikan sangat diperlukan. Jika ternyata harga yang ditawrkan jauh berbeda dengan harga pasaran, maka anda sudah sewajarnya curiga.

    Itulah beberapa cara mengetahui HP asli dan palsu. Semoga dapat menambah pengetahuan anda serta dapat bermanfaat ketika anda hendak membeli smartphone baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *